Jumat, 31 Desember 2010

Raden Ayu Siti Khotijah, makam Islam dengan citra pluralis..

Ke Bali, jika khawatir terlalu terkesan profan, ada baiknya diselingi ritus ziarah makam. Sekedar napak tilas dakwah Islam atau bertawassul, semua tak ada jeleknya, Inilah pariwisata Bali dengan kemasan religi. Ada tujuh pesona situs wali di Bali diantaranya adalah : 1. Pangeran Mas Sepuh alias Raden Amangkurat, yang punya nama Bali, Ida Cokordo. Ia putra Raja Mengwi I yang menikah dengan seorang putri muslimah dari Kerajaan Balambangan, Banyuwangi, Jawa Timur. 2. Dewi Khotijah (Dewi Khadijah)atau dikenal sebagai makam Keramat Pamecutan, terletak di Jalan Batu Karu, Pamecutan, Kampung Monang-Maning, Denpasar. Dewi Khadijah, bernama asli Ratu Ayu Anak Agung Rai 3. Syaikh Umar bin Maulana Yusuf al-Maghribi yang makamnya berada di Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem 4. Habib Ali Zainal Abidin Al-Idrus yang juga dimakamkan di Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem.  5. Habib Syaikh Mawlaya Yusuf al-Baghdadi al-Maghribi, yang dimakamkan tidak jauh dari makam Habib Ali bin Zainal Al-Idrus di Desa Bungaya Kangin, Kecamatan Bebandem, Karangasem.
6. Habib Ali bin Abubakar bin Umar al-Hamid, makamnya terdapat di Desa Kusumba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Makam keramat ini terletak tak jauh dari selat yang menghubungkan Klungkung dengan pulau Nusa Penida.
7. Syaih Abdul Qadir Muhammad, yang nama aslinya Thee Kwan Pau-lie, di Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.
Namun dari dua makam wali yang sempat terjamah ziarah, makam Raden Siti Khotijah memberi kesan tersendiri. Hujan mengguyur deras waktu rombongan keluarga MAN Tambakberas ziarah kesana. Hari itu, Rabu, 28 Desember 2010, bersamaan dengan kaum Hindu melaksanakan peribadatan di areal makam. Makam Siti Khotijah (nama ini seperti yang tertulis di bangunan areal makam) sepertinya hanya satu-satunya bangunan bernafas Islam di area seluas 9 ha pura milik raja Pamecutan di Denpasar.
Siti Khotijah sendiri adalah putri kesayangan raja Pamecutan yang menikah dengan pangeran Cakraningrat IV dari Madura. Setelah menikah, dia masuk Islam dan mengikuti suaminya ke Madura. Suatu hari, raja Pamecutan melaksanakan hajat upacara besar, Ngaben. Khotijah, disamping rindu kampung halaman juga sangat ditunggu oleh ayahnya yang lama tak bertemu. Pulanglah ia dikawal 40 orang terdiri dari 20 pengawal dan 20 dayang. 
Suatu maghrib, Khotijah hendak melaksanakan sholat dengan mengenakan rukuh. Sang Patih yang melihat penampilannya mengira Khotijah sedang melaksanakan ritual per-Leak-an. Lazimnya, penganut leak melaksanakan ritual pada saat menjelang pergantian siang dan malam. Dan hukum yang berlaku di kerajaan Pamecutan adalah menghukum mati semua penganut leak. Kejadian hari itu dilaporkan Patih kepada raja Pamecutan. Dengan hati sedih, raja menyuruh kepala pengawal untuk membawa sang Putri ke sebuah taman dan mengeksekusinya disana.
Saat dibawa ke taman, sang Putri mengetahui maksud para utusan raja. Diapun melambari dengan perkatannya
" Aku tahu maksud kalian. Tapi ketahuilah bahwa tubuhku tak mempan senjata apapun. Kalau kau ingin melaksanakan titah raja, lakukan dengan senjataku ini. Tapi ingat, kalau jenazahku nanti berbau busuk, berarti aku memang betul2 penganut leak, tapi jika tubuhku wangi, maka aku tidak bersalah", kata Putri sambil menyerahkan sebatang tusuk konde emas yang dibungkus daun sirih, senjata yang diberi suaminya, Cakraningrat sebagai bekal untuk berjaga-jaga selama di Bali. Sebelumnya Sang Putri mewanti-wanti agar dibangunkan makam Islam di tempat dia terbunuh.
Semerbak harum dupa menjelajah seluruh area taman raja Pamecutan, begitu darah putri mengalir seiring tusuk konde yang ditusukkan Sang Pengawal ke tubuh Sang Putri.
Sesuai pesan putrinya, raja Pamecutan membuatkan makam Islam untuk putri kesayangannya dan memerintahkan Kepala Pengawal untuk menjaga kuburannya hingga ke anak turunnya nanti, meskipun mereka tetap menganut ajaran Hindu.
Di samping makam Siti Khotijah tumbuh pohon keramat yang konon berasal dari rambutnya. Daun pohon ini diyakini mempunyai khasiat penyembuhan, tidak saja bagi peziarah Islam, tapi juga para penganut Hindu di sekitarnya.
Sedangkan 40 pengawal dari Madura di anugerahi tanah dan tak boleh kembali ke Madura. Mereka ini menjadi cikal bakal penghuni kampung Jawa yang terkenal itu. 
Satu hal yang menurut saya unik adalah, pak Mangku, juru kunci, cucu Kepala pengawal raja Pamecutan itu penganut Hindu tulen. Beberapa makam wali di Bali juga dijaga juru kunci dan diziarahi para penganut Hindu Bali.Sesekali pada hari peribadatan, mereka membakar kemenyan di tempat tersebut. Yang meninggal saja bisa mengayomi beberapa umat, mengapa yang hidup tidak?

3 komentar:

  1. Bagus mbak kalau postingnya seperti itu semua, memunculkan sejarah-sejarah yang tersembunyi. Atau barangkali ditambahkan kisah-kisah pahlawan yang diabaikan.

    BalasHapus
  2. trims. blog ini Insya Allah memang kukhususkan untuk segala yang terkait dengan sejarah..

    BalasHapus
  3. ijin tanya...yg bener Syaikh Mawlaya Yusuf al-Baghdadi apa Syaikh Maulana Yusuf al-Baghdadi......ijin petunjuk....

    BalasHapus